HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK PRASEKOLAH DI TK TUNAS MEKAR I

  • Kadek Sri Ariyanti STIKES Advaita Medika Tabanan
  • Lakitha Ning Utami STIKES Advaita Medika Tabanan
Keywords: pengetahuan ibu, perkembangan motorik halus, usia prasekolah

Abstract

Latar belakang dan tujuan: Perkembangan fisik yang dapat dilihat pada anak adalah perkembangan motorik halus yang berkesinambungan sesuai dengan usia anak dan berkaitan dengan perkembangan otak anak. Oleh karena itu pendidikan seorang ibu sangat berperan penting dalam mengasuh anak terutama dalam tahap perkembangan anaknya. Pengetahuan ibu yang baik akan menghasilkan anak yang sehat dan perkembangannya sesuai dengan umurnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu terhadap perkembangan motorik halus anak prasekolah dan untuk mengetahui gambaran karakteristik ibu serta tingkat pengetahuan ibu.

Metode: Penelitian ini adalah metode penelitian korelatif dengan pendekatan subjek cross sectional yang dilaksanakan di TK Tunas Mekar 1 Desa Tegaljadi  Marga Tabanan. Populasi penelitian ini adalah semua anak prasekolah di TK tersebut yang jumlahnya 60 orang. Tehnik sampling yang digunakan adalah total sampling.  Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa korelasi bivariate (Chi Square).

Hasil: Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Chi kuadrat (²) hitung sebesar 36,923. Hal ini berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel pengetahuan ibu terhadap variabel perkembangan motorik halus anak prasekolah. Selanjutnya nilai koefisien kontingensi (C) adalah sebesar 0,617 yang termasuk dalam kategori hubungan yang kuat.

Simpulan: ada hubungan yang signifikan antara variabel pengetahuan ibu terhadap variabel perkembangan motorik halus anak prasekolah di TK Tunas Mekar 1 Desa Tegaljadi, Marga, Tabanan.

Published
2018-02-28