HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DAN V DI SD N 3 CANDIKUNING

  • Desak Gede Yenny Apriani
Keywords: Penggunaan Gadget, Prestasi Belajar, Siswa

Abstract

Latar belakang: Gadget pada masa sekarang ini dianggap sebagai media yang sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia, karena gadget dapat digunakan sebagai alat komunikasi, memperoleh informasi, media belajar serta media hiburan. Adanya gadget dapat memberikan dampak pada prestasi belajar peserta didik khususnya siswa sekolah dasar.

Tujuan: Untuk Mengetahui hubungan penggunaan gadget terhadap prestasi belajar siswa kelas IV dan V di SD N 3 Candikuning.

Metode: Penelitian dilaksanakan dengan rancangan cross sectional. Pada  52 orang yang dipilih secara sampel jenuh. Dikumpulkan data dengan kuesioner penggunaan gadget dan evaluasi belajar siswa. Uji statistik yang digunakan adalah kolerasi spearman rank dengan signifikansi 0,05.

Hasil: Pada penelitian ditemukan sebagian besar penggunaan gadget sedang sebanyak 25 orang (48,1%) dan prestasi belajar sebagian besar baik sebanyak 28 orang dengan persentase 53,8%. Hasil kolerasi spearman rank didapatkan nilai signifikan 0.00 lebih kecil dari signifikan tabel 0,05.

Simpulan: Ada hubungan penggunaan gadget terhadap prestasi belajar siswa kelas IV dan V di SD N 3 Candikuning.

Published
2021-02-28