HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE (ANC) PADA IBU HAMIL DI KABUPATEN TABANAN

  • Hesteria Friska Armynia Subratha STIKES Advaita Medika Tabanan
  • Ni Wayan Manik Kartiningsih STIKES Advaita Medika Tabanan
Keywords: Dukungan Suami, ANC, Ibu Hamil

Abstract

Latar Belakang dan tujuan: Kehamilan adalah suatu krisis maturitas yang dapat menimbulkan stres. Tingginya cakupan K1 dan K4 tentunya sangat didukung oleh peran keluarga, dukungan keluarga salah satunya adalah dukungan suami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan dukungan suami dengan kunjungan antenatal care (ANC) pada ibu hamil di Bidan Praktek Mandiri Ny.MD Desa Cau, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan.

Metode: Desain penelitian ini adalah servei analitik dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2014. Teknik sampel yang digunakan adalah  total sampling dengan jumlah sebanyak 50 orang. Teknik analisa data menggunakan chi square test.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebagian besar responden di BPM”MD” Desa Cau Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan  kurang mendapatkan dukungan suami. Sebagian besar responden di BPM”MD” Desa Cau Kecamatan Marga Tabanan  sesuai standar kunjungan ANC. Ada hubungan yang signifikan dukungan suami dengan kunjungan ANC pada ibu hamil  di BPM” MD” Desa Cau Kecamatan Marga Tabanan.

Simpulan: Responden di BPM”MD” Desa Cau Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan kurang mendapatkan dukungan suami sebanyak 26 responden (52%).

Published
2018-02-28