GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG ANEMIA DI TABANAN

  • Hesteria Friska Armynia Subratha

Abstract

Latar belakang dan tujuan: Anemia banyak terjadi pada masyarakat terutama pada remaja dan ibu hamil. Anemia pada remaja putri sampai saat ini masih cukup tinggi, menurut (WHO, 2015), prevalensi anemia dunia berkisar 50-80%. Prevalensi anemia pada remaja putri (usia 15-19 tahun) sebesar 26,5%, dan pada wanita subur sebesar 26,9% (Kemenkes RI, 2015). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan remaja putri tentang anemia pada remaja di Tabanan.

Metode: Penelitian survei  cross sectional dilakukan pada  137 dari kelas XI dan XII di SMA Negeri 1 Marga  Tabanan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan remaja putri tentang anemia pada remaja di SMA Negeri 1 Marga kategori pengetahuan baik sebanyak 121 responden (88,3%), dan pengetahuan cukup sebanyak 16 responden (11,7%).                                                         

Simpulan: Remaja diharapkan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan mengenai kesehatan resproduksi remaja, sehingga dapat mencegah terjadinya anemia pada remaja

Published
2020-08-31