PENGARUH MANAGEMENT CONTROL TERHADAP PENERAPAN STANDAR GLOVING DI OK IGD RSUP SANGLAH

  • Desak Yenni Apriani STIKES Advaita Medika Tabanan
  • Ni Wayan Alit Puspa Dewi STIKES Advaita Medika Tabanan
  • Ni Wayan Alit Puspa Dewi STIKES Advaita Medika Tabanan
Keywords: Management control, gloving, Standar Oprasional Prosedur (SOP)

Abstract

Latar belakang dan tujuan: Teknik closed gloving merupakan metode terbaik untuk mencegah kontaminasi selama memakai sarung tangan steril. Teknik closed gloving dijadikan sebagai standar gloving di kamar operasi. Penerapan standar gloving di kamar operasi sangat penting untuk dilakukan dan diperlukan sistem yang mampu membuat standar ini tetap berjalan yaitu dengan adanya controlling. Salah satu yang mampu melakukan pengawasan terhadap penerapan standar ini  adalah perawat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh management control terhadap penerapan standar gloving di OK IGD RSUP Sanglah.

Metode: Desain penelitian ini adalah pre experiment dengan post test design with control group. Teknik sampling yang digunakan adalah consecutive sampling dengan jumlah sampel adalah 24 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol sebanyak 12 orang dan kelompok intervensi sebanyak 12 orang. Management control diberikan hanya pada kelompok intervensi. Data penerapan standar gloving  dianalisis menggunakan uji Chi Square.

Hasil:Berdasarkan uji statistik yang menggunakan uji Chi Square didapatkan p value sebesar 0,001 dengan p value  yang kurang dari 0,05 maka hipotesis  diterima.

Simpulan: terdapat pengaruh management control terhadap penerapan standar gloving di OK IGD RSUP Sanglah

Published
2018-02-28