TINGKAT KEPATUHAN TENAGA KESEHATAN DALAM MELAKUKAN FIVE MOMENTS FOR HAND HYGIENE DI RUANG ICU BARAT RSUP SANGLAH DENPASAR TAHUN 2018

  • Desak Made Firsia Sastra Putri
Keywords: Five moments for hand hygiene, Tingkat kepatuhan

Abstract

Latar belakang dan tujuan: Mencuci tangan merupakan rutinitas yang murah dan penting dalam prosedur pengontrolan infeksi dan merupakan metode terbaik untuk mencegah transmisi mikroorganisme. Salah satu upaya yang dijalankan di RSUP Sanglah Denpasar dalam mencegah infeksi nosokomial (HAIs) adalah dengan membudayakan kepatuhan mencuci tangan di kalangan petugas kesehatan. Adapun five moments for hand hygiene tersebut yaitu sebelum kontak dengan pasien, sebelum melaksanakan prosedur aseptik, setelah terpapar atau menyentuh cairan tubuh pasien, setelah kontak dengan pasien, dan setelah kontak dengan lingkungan sekitar pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepatuhan tenaga kesehatan dalam melakukan five moments for hand hygiene di ruang ICU Barat RSUP Sanglah Denpasar Tahun 2018.

Metode: Desain penelitian ini adalah deskriptif observasional dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga kesehatan yang bertugas di ruang ICU Barat dengan teknik sampling yaitu purposive sampling dengan sampel sebanyak 40 responden. Data dikumpulkan dengan metode observasi.

Hasil: Hasil yang diperoleh yaitu tingkat kepatuhan tenaga kesehatan sebagian besar dalam kategori patuh yaitu sebanyak 36 orang (90,0%).

Simpulan: Tingkat kepatuhan tenaga kesehatan sudah dalam kategori patuh dan perlu ditingkatkan lagi untuk mencapai nilai 100% dengan cara seperti adanya penyuluhan dan penilaian tentang five moments for hand hygiene.

Published
2018-08-31