HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK UMUR 6-24 BULAN

  • I Wayan Surka STIKES Advaita Medika Tabanan
  • Ni Luh Marga Dianinta STIKES Advaita Medika Tabanan
  • Ni Luh Gede Rosa Liyanti STIKES Advaita Medika Tabanan
Keywords: Pengetahuan, Makanan pendamping ASI (MP-ASI) dan Status gizi

Abstract

Latar belakang dan tujuan: Status gizi merupakan keadaan keseimbangan antara asupan dan kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh untuk tumbuh kembang terutama untuk anak balita, aktifitas, pemeliharan kesehatan, penyembuhan bagi mereka yang menderita sakit dan proses biologis lainnya di dalam tubuh. MP-ASI merupakan makanan atau minuman yang mengandung zat gizi, diberikan kepada bayi atau anak umur 6-24 bulan guna memenuhi kebutuhan gizi selain dari ASI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang makanan pendamping ASI (MP-ASI) dengan status gizi pada anak umur 6-24 bulan. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kediri 1 Tabanan.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik korelasional dengan rancangan cros sectional. Populasi yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 38 orang. Metode dalam pengambilan sampel pada penelitian ini  menggunakan metode non probability sampling dengan sampel 38 orang.

Hasil: Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: sebagian besar pengetahuan ibu tentang makanan pendamping ASI (MP-ASI) berada pada kategori pengetahuan cukup sebanyak 18 responden (47,4%). Pada status gizi anak pada umur 6-24 bulan sebagian besar berada pada kategori status gizi kurang 18 responden (47,4%). Penelitian ini  menggunakan uji spearman rank correlation didapatkan  nilai korelasi 0,728 dengan p-value sebesar 0,000, oleh karena p-value 0,000 kurang dari α = 0,05, maka hipotesis diterima.

Simpulan: Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu tentang makanan pendamping ASI (MP-ASI) dengan status gizi pada anak umur 6-24 bulan di Puskesmas Kediri 1 Tabanan tahun 2017.

Published
2018-02-28