Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PETUNJUK UMUM

Jurnal Publikasi Penelitian Keperawatan dan Kebidanan STIKES Advaita Medika Tabanan (Jurnal Medika Usada) menerima berbagai artikel/naskah (Fulltext) berupa hasil penelitian asli yang relevan dan metaanalisis pada bidang ilmu keperawatan dan kebidanan. Jurnal Medika Usada hanya menerima artikel penelitian yang belum pernah dimuat atau tidak dalam proses publikasi dalam jurnal lain dengan menandatangani surat pernyataan. Apabila diketahui artikel yang telah dimuat dalam jurnal lain, maka artikel tersebut tidak akan dipublikasikan pada jurnal ini dan edisi selanjutnya akan dianulir. Penulis utama harus memastikan seluruh anggota penulis telah membaca dan menyetujui naskah dikirim. Naskah yang dikirimkan akan diseleksi dengan sistem peer-review dan akan dibahas oleh ahli pada bidang yang sesuai. Naskah yang memerlukan perbaikan dalam format maupun substansi akan dikembalikan pada penulis untuk diperbaiki dalam rentang waktu yang harus diikuti oleh penulis. Naskah harus memenuhi etik publikasi dan dapat dipertanggungjawabkan

 

PEDOMAN PENGAJUAN

Pengiriman naskah dilakukan secara online melalui website Jurnal Medika Usada dengan alamat: ejournal.stikesadvaita.ac.id dengan cara melakukan register terlebih dahulu untuk memperoleh akun.  Apabila mengalami kesulitan dalam mengunggah naskah secara online dapat menghubungi Redaksi Jurnal Medika Usada melalui email: lppm.advaita@gmail.com

1. Penulisan Naskah

Naskah diketik menggunakan program Microsoft Word dan ditulis dalam bahasa Indonesia. Penulisan naskah memenuhi kaidah pedoman umum Bahasa Indonesia yang disempurnakan dan pedoman umum penggunaan istilah. Naskah diketik menggunakan huruf Times New Roman ukuran 11, dengan spasi 1,0 pada kertas A4 (21x29.5cm). Batas-batas tepi (margin) adalah 3,5 cm untuk batas atas, bawah dan kiri, sedang kanan adalah 2,0 cm. Jumlah halaman keseluruhan maximal 8-15 halaman (sudah termasuk daftar pustaka). Penulisan singkatan untuk pertama kali muncul dalam teks harus diikuti dengan kepanjangannya. Setiap halaman diberi nomor secara berurutan dimulai dari halaman judul sampai halaman terakhir pada pojok kanan bawah.

2. Penulisan Judul

Judul artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia (judul tidak lebih dari 15 kata), menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12, dengan spasi 1,0, dicetak tebal dan penulisannya Capitalize Each Word. Penulisan judul mengerucut ke bawah (segitiga terbalik).

3. Penulis dan Korespondensi

Nama penulis diketik tanpa mencantumkan gelar menggunakan huruf Times New Roman ukuran 10, dengan spasi 1,0 dan dicetak tebal. Diawali dengan huruf kapital, tanpa diawali dengan kata ”oleh”, urutan penulis dari sebelah kiri adalah penulis pertama diikuti oleh penulis kedua, ketiga dan seterusnya. Keterangan tentang program studi dan fakultas/program studi yang ditempuh serta lembaga afiliasi yang dicantumkan harus jelas, ditulis menggunakan huruf Times New Roman ukuran 10, spasi 1,0 tanpa dicetak tebal. Tambahkan korespodensi atau alamat surel (email) penulis pertama saja menggunakan huruf Times New Roman ukuran 10, spasi 1,0 tanpa dicetak tebal dan tanpa garis bawah.

4. Abstrak dan Kata Kunci

Abstrak untuk setiap naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam satu paragraf dengan jumlah maksimal 200 kata untuk bahasa Indonesia dan 250 kata untuk bahasa Inggris menggunakan huruf Times New Roman ukuran 11, spasi tunggal disajikan dengan rata kiri dan rata kanan, disajikan dalam satu paragraph, dan ditulis tanpa menjorok (indent) pada awal paragraf. Abstrak ditulis ringkas dan jelas sesuai dengan format Latar Belakang dan Tujuan, Metode, Hasil dan Simpulan. Penyusunan kata kunci berdasarkan abjad terdiri dari 3-5 buah kata.

5. Sistematika Penulisan Isi Naskah

Isi naskah memuat Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil (memuat tabel hasil penelitian) dan Pembahasan, Simpulan, dan Referensi. Setiap sub judul ditulis dengan huruf Times New Roman font 11 spasi 1,0 dan dicetak tebal (bold)  menggunakan huruf kapital pada setiap awal kata (Capitalize Each Word). Alinea baru ditulis menjorok dengan indent-first line 0,75 cm, antar alinea tidak diberi spasi. Kata asing ditulis dengan huruf miring. Semua bilangan ditulis dengan angka, kecuali pada awal kalimat dan bilangan bulat yang kurang dari sepuluh harus dieja. Tabel dan gambar harus diberi keterangan yang jelas, dan diberi nomor urut.

6. Referensi

Penulisan referensi menggunakan sistem Harvard Referencing Standard. Semua yang tertera dalam referensi harus dirujuk di dalam naskah. Kemutakhiran referensi sangat diutamakan. Dikutip berjangka waktu maksimal 10 tahun terakhir dan disusun berdasarkan abjad.

Contoh Referensi:

a. Buku

O’Brien, J.A. dan. J.M. Marakas. 2011. Management Information Systems. Edisi 10. McGraw-Hill. New York-USA.

b. Artikel Jurnal

Cartlidge, J. 2012. Crossing boundaries: Using fact and fiction in adult learning. The Journal of Artistic and Creative Education. 6 (1): 94-111.

c. Prosiding

Michael, R. 2011. Integrating innovation into enterprise architecture management. Proceeding on Tenth International Conference on Wirt-schafts Informatik. 16-18 February 2011, Zurich, Swis. Hal. 776-786.

d. Tesis atau Disertasi

Soegandhi. 2009. Aplikasi model kebangkrutan pada perusahaan daerah di Jawa Timur. Tesis. Fakultas Ekonomi Universitas Joyonegoro, Surabaya.

e. Sumber Rujukan dari Website

Ahmed, S. dan A. Zlate. Capital flows to emerging market economies: A brave new world?.http://www.federalreserve.gov/pubs/ifdp/2013/1081/ifdp1081.pdf.          Diakses tanggal 18 Januari 2018.

7. Aturan Tambahan 

a. Penulisan Rumus

Rumus matematika ditulis secara jelas dengan Microsoft Equation atau aplikasi lain yang sejenis dan diberi nomor seperti contoh berikut:

b. Penulisan Tabel

Tabel diberi nomor sesuai urutan penyajian (Tabel 1, dst.), tanpa garis batas kanan atau kiri. Judul tabel ditulis dibagian atas tabel dengan posisi rata tengah (cente justified) dengan huruf Times New Roman font 11, spasi tunggal dan di Bold pada nomor urut tabel saja. Tulisan dalam tabel menggunakan huruf Times New Roman font 10 spasi 1,0. Tempatkan penjelasan dan singkatan pada keterangan tabel, bukan pada judul tabel. Contoh tabel:
 

c. Penulisan Gambar

Gambar diberi nomor sesuai urutan penyajian (Gambar.1, dst.). Judul gambar diletakkan di bawah gambar dengan posisi tengah (center justified) dengan huruf Times New Roman font 11, spasi 1,0 dan di cetak tebal pada nomor urut gambar saja seperti contoh berikut:
 

Gambar 1. Gerakan Senam Hamil